Muntok.. going to Menumbing

v\:* {behavior:url(#default#VML);}
o\:* {behavior:url(#default#VML);}
w\:* {behavior:url(#default#VML);}
.shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal
0
false

false
false
false

IN
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt;
mso-para-margin-top:0cm;
mso-para-margin-right:0cm;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0cm;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-fareast-font-family:”Times New Roman”;
mso-fareast-theme-font:minor-fareast;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Mentok.. Kota yang berada di ujung barat pulau Bangka.. merupakan sebuah kota yang bersejarah bagi INDONESIA..Karena disinilah tempat residen Pertama Indonesia, IR.Soekarno diasingkan oleh Belanda pasca perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.. lokasi tepatnya yaitu Gunung Menumbing..Hari Kamis,15 Agustus yang lalu kami pergi..Hampir bertepatan dengan moment HUT kemerdekaan negeri tercinta ini.Seperti napak tilas sejarah..Bagi saya ini adalah tempat yang menarikuntuk di kunjungi,demi untuk mengingat jasa-jasa para pejuang kemerdekaan dulu.. Ini adalah kali pertama saya bersama rombongan teman mengunjungi Gunung menumbing..menggunakan bus pariwisata yang berjumlah 20 orang,dimana sewa  ongkos bus sebesar Rp. 1.800.00.. Berangkat dari kota saya,Sungailiat sekitar jam 07.00 pagi dan setelah menempuh perjalanan selama 3,5 jam sampai dikota mentok.. setelah sebelumnya sempat mampir di dekat restoran dekat pertigaan kota kelapa..

 

Menuju gunung menumbing ternyata sangat mudah,Begitu memasuki kota Mentok,sampai perempatan lampu merah pertama,kita harus berbelok ke arah kanan dan terus mengikuti jalan.. sampai ada petunjuk arah jalan(ntah saya lupa tulisannya)terus belok ke kanan lagi.. dan akhinya sampailah kita di bawah Gunung..  disini adalah tempat penghentian akhir karena bus pariwisata tidak diizinkan naik ke atas demi safety.. terpaksa kami masing-masing harus merogoh kocek 20.000 lagi untuk ongkos naik menggunaka mobil ejenis APV yang memang telah disediakan oleh pengurus menumbing..

Tidak begitu lama untuk sampai ke puncak gunung,melalui jalan aspal mulus tapi lumayan tajam belokannya.. Samapai disana kami langsung menyeruak masuk ke dalam  bangunan yang Bernama Wisma Ragam, yang dulu merupakan rumah pengasingan presiden pertama kita .Ir.Soekarno.. Sekarang tempat ini menjadi hotel dan museum.. Karcis utuk masuk sangat murah hanya Rp.1000 saja perorang.. apa yang bisa kita lihat didalam?? Wah… banyak sekali.. arsitekturnya keren untuk jaman dulu, dan sampai sekarangpun masih terawat, ini terlihat bukan seperti tempat pengasingan,tetapi seperti vila pribadi.. kecuali anad melihat sebuah ruangan dengan jeruji besi yang mungkin digunakan sebagai bangsal sel.. ada mobil yang biasa digunakan Ir.Soekarno.. Foto-foto Beliau …. sama ruang rapat.. Gambar

 

Gambar

 

Gambar

 

Gambar

 

Gambar

 

Gambar

 

Gambar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

GambarKami pun sempat memsauki kamar Beliau, tetapi keadaan di dalam tidak boleh memfoto.. jadi tidak ada foto untuk itu,, ada dua ranjang terpisah yang ditengah nya ada lampu tidur.. terus ada dua sajadah yang biasa digunakan Beliau untuk sholat.. dua kursi rotan dengan meja marmer.. semua isi perabotan di dalam kamar ini masih asli loh.. dan juga terlihat trawat sekali.. kecuali karpet lantai dan dua selimut yang bukan lagi asli,, ada juga kamar mandi didalam.. lagi-lagi kami tidak diijinkan masuk.. tidaj tahu alasan apa.. tampaknya kami kurang beruntung hari itu.. Karena teman saya pergi pad awal tahun ini masih boleh untuk masuk ke dalam kamar mandi.. dan  masih sempat lagi.berfoto ria di dalam ruangan kamar tidur beliau,,, sungguh sangat tidak beruntungnya kami.. hiks.. hiks..

Lanjut ke luar ruangan yaitu ke atas bangunan kiata akan di sugui pemandangan kota mentok.. Nah disini saya sempat mengambil beberapa foto.

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

 

 

 

 

 

 

Setelah puas berada di atas bangunan wisma,kami turun dan berkeliling.. terlihat ada 3 bangunan dengan gaya arsitektur yang sama.. 2 bangunannya berada dekat wisma,tapi semuanya kosong.. 1 laginya berada agak jauh, dan harus menaiki anak tangga,, sepertinya kantor stasiun relay TVRI dulu yang beroperasi… dan sekarang sepertinya sudah tidak terawat lagi..

Gambar

Gambar

Gambar

 

 

 

Akhirnya setelah bercucuran keringat karena naik tutrun anak tangga demi foto statiun relay TVRI yang ngetop pada jaman dahulu.. kami turun menuruni gunung menumbing dan melanjutkan perjalanan ke pantai Tanjung Kalian.. Turun gunung ke pantai dong. .. hehe.. Tidak butuh waktu lama juga.. Sampai juga di Pantai ini juga difungsikan sebagai pelabuhan penyebrangan kapal-kapal penumpang maupun kargo..Bagi saya dan teman-teman, pantai ini tidak ada menariknya.. karena pantai di kota saya jauh lebih indah dengan susunan batu karang granitnya Wajar saja,kalu ada banyak batu karang disini bisa-bisa kapalnya bisa karam..Disini .. Tidak ada apa-apa.. kecuali mercusuarnya yang legendaris..karena inilah yang membuat saya dan teman-teman sangat tertarik.. yah.. di kota saya tidak  ada mercusuar seperti ini..Untuk menaiki sampai ke puncak mercusuar,kita harus membayar lagi Rp.5000. tapi bisa di nego menjadi total 30.000 untuk 8 orang.. menyusuri tangga berputar yang kalu saya menghitung sih,jumlah anak tangganya 137 buah.. teman saya 139.. dan teman satu lagi 187.. ntah bagaimana metode hitungnya..hahaha..

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

Gambar

 

 

 

 

 

 

 

Kami menikmati dan beristirahat disini sampai jam 15.00 sore.. lalu pulang ke Sungailiat lagi.. Tapi sebelum itukai sempat mengilingi kawasan pasar Mentok.. melewati rumah Mayor.. tapi tidak singgah.. karena pulang ke sungailiat pun butuh waktu 3jam perjalanan.. (B­-2k)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s